Struktur Iklan Dan Jenis Iklan
Jika kemarin Dunia Perpustakaan telah membahas sedikit tentang Pengertian Iklan , jadi apa saja struktur Iklan dan Jenis - jenis iklan itu??Menurut Kasali struktur iklan pada dasarnya memiliki sebuah bentuk.
Struktur Iklan - Bentuk atau struktur iklan pada media cetak tidak selalu sama, tetapi kebanyakan iklan pada media cetak mempunyai bentuk dan urutan sebagai berikut:
1. Headline,
Pengertian Headline atau sering disebut judul adalah bagian terpenting dari sebuah iklan. Headline tidak selalu terletak pada awal tulisan, tetapi merupakan bagian pertama yang dibaca orang. Melalui headline pembaca dapat mengetahui iklan yang ditawarkan, meskipun headline tidak selalu menggambarkan produk yang ditawarkan secara jelas.
2. Subheadline,
Subheadline merupakan bagian dari judul yang panjang tersebut, sehingga subheadline mengikuti.
3. Amplikasi.
Pengertian Amplikasi adalah naskah atau teks iklan yang mengikuti headline.Pada bagian
inilah, ditulis hal-hal yang hendak disampaikan kepada calon pembeli dengan lebih rinci.
Jenis - Jenis Iklan
Jenis Iklan Menurut Nugroho (1989: 26), Jenis iklan berdasarkan bentuk, penampilan, danpenempatannya, iklan dalam media cetak dibagi dalam beberapa jenis, di antaranya :
1. Iklan baris dan iklan mini, yang hanya memuat beberapa baris kalimat dalam ruangan kolom berukuran kecil dan diklasifikasikan menurut jenis produk atau jenis yang ditawarkan.
2. Iklan blok atau iklan display, yang menyertakan gambar atau foto dan hiasan yang menarik dan biasanya berukuran besar.
3. Iklan buta, yang merupakan iklan anonim karena tidak menyebutkan identitas pemasangnya.
4. Iklan halaman muka, yakni iklan yang dimuat di halaman depan, umumnya di surat kabar, dengan tarif yang lebih tinggi dari pada iklan di halaman dalam karena lebih cepat terlihat oleh pembaca.
5. Iklan keluarga, kelahiran, pertunangan, perkawinan, atau kematian.
6. Iklan kuping, iklan yang dimuat didalam boks berukuran kecil di sebelah kiri dan kanan logo (nama) surat kabar.
7. Iklan muhibah, iklan yang biasanya dimuat atau disiarkan oleh media massa dengan kerjasama orang atau lembaga, baik pemerintah atau swasta.
8. Iklan pulau, yakni iklan yang dimuat menyendiri pada suatu halaman koran atau majalah dan dikelilingi berita atau tulisan.
9. Iklan sponsor, iklan berupa tulisan yang sepintas tampak seperti laporan biasa, tetapi sarat dengan pesan untuk mempromosikan suatu perusahaan, produk, dan Negara.
Pembahasan Tentang Struktur Iklan dan Jenis Iklan
Dalam pembahasan penelitian struktur iklan ini hanya memakai jenis iklan blok atau iklan display, iklan blok atau iklan display mempunyai pengertian yaitu menyertakan gambar atau foto dan hiasan yang menarik dan biasanya berukuran besar. Dalam iklan display dibagi lagi dalam berbagai jenis, antara lain iklan kesehatan, iklan otomotif, iklan elektronik, iklan kecantikan, iklan makanan, dan iklan telekomunikasi.Jadi Iklan sebagai sebuah pemberitahuan sangat luas jangkauannya,
meliputi berbagai macam penawaran barang atau jasa atau sekedar
pengumuman yang tidak menyangkut kepentingan komersial.
Demikian sedikt artikel tentang Struktur Iklan dan Jenis Iklan yang mampu kami rangkum, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar