Pengertian Manajemen Secara Luas
Sering kali kita mendengar pengelolaan aray manajemen itu apa? mari kita bahas berikut.Pengertian Manajemen atau Pengelolaan secara umum adalah sebagai pengaturan, pengelolaan, dan pengadministrasian,dan memang itulah pengertian yang populer saat ini. Pengelolaan diartikan sebagai suatu rangkaian pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk melakukan serangkaian kerja dalam mencapai tujan tertentu.
Pengertian Manajemen Menurut Ahli
1. Pengertian Manajemen Menurut Stoner yang dikutip oleh Handoko menyatakan bahwa manajemen merupakan proses perencanan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan pengguna sumber daya organisasi lainya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Stoner menekanan bahwa manajemen dititik beratkan pada proses dan sistem.2. Pengertian Manajemen Menurut Griffin mendefinisan manajemen sebagai berikut: “Management is the process of planning and decision making, organizing, leading and controlling and
organization human, financial, physical and information recources to archieve
organizational goals in an efficient and effective manner”
3. Pengertian Manajemen Menurut Nanang Fattah,berpendapat bahwa dalam proses manajemen terlibat fungsi-fungsi pokok yang ditampilkan oleh seorang manajer atau pimpinan, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organising), pemimpin(leading), dan pengawasan (controlling).
Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen (pengelolaan) di atas secara garis besar dapat disampaikan bahwa tahap-tahap dalam melakukan manajemen meliputi:A. Fungsi Manajemen Perencanaan,
Perencanaan sebagai perhitungan dan penentuan tentang apa yang akan dijalankan dalam rangka
mencapai tujuan tertentu, dimana menyangkut tempat, oleh siapa pelaku itu atau
pelaksana dan bagaimana tata cara mencapai itu.
B. Fungsi Manajemen Pengorganisasian
Dalam suatu organisasi dituntut adanya kerja sama antara dua orang atau lebih
untuk mencapai siatu tujuan secara efektif dan efisien. Organisasi merupakan suatu
proses untuk merancang struktur formal, pengelompokan dan mengatur serta
membagi tugas-tugas atau pekerjaan diantara para anggota organisasi agar tujuan
organisasi dapat tecapai.Pengorganisasian merupakan pengelompokan kegiatan-kegiatan penugasan
kegiatan-kegiatan penyediaan keperluan, wewenang untuk melaksanakan
kegiatannya.
C. Fungsi Manajemen Pelaksanaan
Pengarahan berarti para manajer mengarahkan, memimpin dan mempengaruhi
bawahan. Manajer tidak melakukan semua kegiatan sendiri, tetapi menyelesaikan
tugas-tugas esensial melalui orang-orang lain. Mereka juga tidak sekedar
memberikan perintah, tetapi menciptakan iklim yang dapat membantu para bawahan
melakukan pekerjaan secara paling baik.
D. Fungsi Manajemen Pengawasan
Tujuan pengawasan adalah:
1. Menentukan dan menghilangkan sebab-sebab yang menimbulkan kesulitan
sebelum kesulitan itu terjadi.
2. Mengadakan pencegahan dan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang
terjadi.
3. Mendapatkan efisiensi dan efektifitas.
Demikian sedikit artikel tentang Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen yang dapat kami rangkum, semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar